Citralinguist Translation Agency, Ada untuk Layanan Terjemahan yang Bermutu

Selasa, 28 Mei 2024

Penerjemah Tersumpah Kemenkumham untuk Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Jombang

 Saudara yang budiman,

Terima kasih telah membuka dan membaca artikel kami tentang penerjemah tersumpah kemenkumham. Baik Anda di Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Jombang atau Lamongan dan di manapun berada, kami ucapkan selamat telah membuka website kami. 

 Suatu hari ada klien dari Selandia Baru. Dia membutuhkan penerjemah tersumpah. Tetapi, dia ternyata mempunyai persepsinya sendiri tentang penerjemah tersumpah. Dia berpikir bahwa, penerjemah tersumpah adalah, seorang penerjemah yang disumpah di saat akan melakukan penerjemahan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Memang, seseorang yang diambil sumpah ketika akan menerjemah, bisa dikatakan penerjemah tersumpah. Namun, penerjemah tersumpah atau bersumpah yang dimaksud di kalangan penerjemah selama ini bukanlah seperti itu. Jadi penerjemah, tidak selalu disumpah setiap akan melakukan penerjemahan. Penerjemah bersumpah di Indonesia yang dimaksudkan adalah penerjemah yang diambil sumpahnya oleh pejabat pemerintah.

Dulu, sejarahnya, penerjemah di Indonesia mendapat SK oleh Gubernur DKI, setelah dinyatakan lulus ujian bersumpah oleh UI. Pada saat itu, cap nya berwarna merah, dan ada keterbatasan ketersedisaan penerjermah tersumpah, karena syarat dan ketentuan yang ada. Waktu itu, di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Jombang, belum ada ujian penerjemah tersumpah

Sebelumnya adanya penerjemah bersumpah dari kementerian Hukum dan HAM, syarat calon penerjemah tersumpah yang ikut ujian di UI adalah ber KTP Jakarta. Maka, dalam konteks ini, penerjemah tersumpah sangat terbatas. Meskipun begitu, muncul adanya penerjemah tersumpah dengan SK Gubernur Jawa Timur, yang persyaratan kualitasnya kurang jelas. Barangkali, yang menjadi fokusnya adalah legalitas. 

Sekarang ini, penerjemah tersumpah yang hasil pekerjaanya bsia digunakan appostile, adalah penerjemah yang diambil sumpahnya oleh Kementerian Hukum dan HAM. Persyaratannya hampir sama, yaitu lulus ujian tes bersumpah yang diberikan UI. Hanya saja, boleh ber KTP dari mana pun, selama orang Indonesia. Baik itu KTP Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Jombang atau Lamongan. Setelah lulus, pengambilan sumpah dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Cap penerjemahnya bukan berwarna merah, seperti penerjemah tersumpah yang diangkat oleh Gubernur DKI, tetapi berwarna biru dengan lambang garuda. 

Penerjemah Tersumpah Semarang

Kamus Inggris Indonesia Standar Penerjemah

Jasa Penerjemah Tersumpah/ Sworn Translator di Surabaya dan Sekitarnya

UK News

Tidak ada komentar: