Citralinguist Translation Agency, Ada untuk Layanan Terjemahan yang Bermutu

Jumat, 24 Mei 2024

Bahasa Sebagai Jembatan Dunia

 Bisa kita bayangkan, seandainya kita menguasai bahasa internasional. Maka akan banyak manfaat yang bisa kita peroleh. Kita ambil contoh, ketika kita bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka, kita akan dapat menjadi komunikasi dengan manusia dari banyak negara lain. Proses pemindahan suatu ilmu pengetahuan, tidak lain, akan terjadi dengan penguasaan suatu bahasa. 

Negara-negara maju di dunia ini, kebanyakan penduduknya mampu berbahasa Inggris dengan baik. Dalam hal ini, saya tidak mengatakan bahwa bahasa Indonesia kurang baik. Dengan menguasai Bahasa Indonesia saja, terlihat jelas manfaat yang kita ambil. Kita bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang dari berbagai suku di Indonesia. 

Penguasaan bahasa Indonesia, telah memperlancar berbagai proses jual beli antar suku. Perdagangan antar suku pun berjalan dengan lancar karena dijembatani Bahasa Indonesia. Bagaimana seandainya tidak ada bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu kita? 

Penguasaan bahasa Inggris memungkinkan berinteraksi dan melakukan berbagai transaksi dengan orang dari berbagai penjuru dunia. Selain, itu transfer ilmu antar negara juga menjadi lebih mudah. Dengan mennguasai bahasa Inggris, menjadikan kita lebih cepat berkembang, karena menjadi lebih cepat memahami berbagai konten media sosial, Yotube atau Google. 

Berbagai kejadian di berbagai belahan di dunia ini menjadi mudah kita pehami dan dapat. Selain didapatkan berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Kita menjadi bisa membaca berbagai media massa, misalnya New York Times, koran internasional milik orang Amerika. Kita orang Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Jombang, atau Lamongan, karena berada pada geografis yang cenderung homogen dan berbahasa Jawa atau Bahasa Indonesia, memang terbiasa tdiak berkomunikasi dengan bahasa internasional.

Ditambah lagi, misalnya kita juga dapat menguasai bahasa mandarin. Kita bahkan bisa menjalin kerjasama bisnis dengan orang di negeri yang berpenduduk terbanyak di dunia itu.

Intinya, denganmenguasai bahasa, kita akan mendapat manfaat di kehidupan yang lebih. Baik dalam proses pencarian ilmu pengetahuan, maupun mengais rejeki dari berbagai penjuru dunia. Apalagi jika mampu menguasai beberapa bahasa internasional. Pasti manfaatnya lebih beda.



Tidak ada komentar: